Sabtu, 22 Desember 2012

BELAJAR MS POWER POINT


Text Box: MICROSOFT POWERPOINT


PRAKTIKUM 1 PENGENALAN MICROSOFT POWERPOINT 2007
Microsoft  powerpoint 2007 adalah program aplikasi untuk membuat presentasi secara elektronik yang Handal. Presentasi powerpoint dapat terdiri dari teks, grafik, ojek gambar, clipart, movie, suara dan objek yang dibuat program lain. Program inipun dapat dicetak secara langsung menggunakan kertas, atau dengan menggunakan transparansi untuk kebutuhan presentasi melalui overhead, serta dapat dicetak ukuran slide film.
Tampilan microsoft powerpoint 2007 mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Pada dasarnya semua tools yang ada pada microsoft powerpoint 2007 juga ada versi yang belumnya, tetapi tampilannya sangat berbeda dan terdapat beberapa fitur tambahan. Jika anda telah menguasai microsoft powerpoint sebelumnya, maka anda akan lebih mudah untuk mempelajari kembali penggunaannya pada microsoft powerpoint 2007.

        I.            Fitur-Fitur Microsoft Powerpoint
Powerpoint menawarkan kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk elektronik. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkan komponen-komponen multimedia yang meliputi :
·         Teks
·         Gambar dan grafik
·         Foto
·         Suara
·         Film
Powerpoint juga memungkinkan komunikasi dengan software lain, seperti microsoft word atau microsoft excel. Seseorang bisa menyiapkan bahan presentasi melalui word lalu memolesnya melalui powerpoint, bisa juga dengan excell dan menyisipkan ke powerpoint.


PRAKTIKUM 2 MEMULAI MICROSOFT POWERPOINT

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Microsoft Powerpoint 2007 yang ada dikomputer anda dengan langkah sebagai berikut :
  1. Klik START, pilih All program, pilih Microsoft Office, dan kemudian klik Powerpoint 2007.

Gambar 6.8 tampilan Awal Memilih Program Ms.PowerPoint
  1. Apabila pada Dekstop Windows anda terdapat icon microsoft powerpoint, anda dapat melakukan Double-Click pada icon tersebut, atau anda dapat mengklik dan kemudian tekan tombol Enter.

        I.            Pengenalan Area Kerja Microsoft Powerpoint 2007
Seperti yang telah disampaikan diatas, tampilan lembar kerja microsoft powerpoint 2007 berbeda dengan microsoft powerpoint sebelumnya, begitu juga dengan penggunaan istilahnya. Perhatikan tampilan awal microsoft powerpoint : 
t
      II.            Fungsi Tools Dalam Microsoft Powerpoint 2007
Terdapat perbedaan istilah yang digunakan Microsoft Powerpoint 2007 dibandingkan versi sebelumnya, antara lain penggunaan istilan Ribbon Tabs untuk menggantikan menu bar dan ribbon untuk kumpulan toolbar (tools group).
                                                                                i.            MS. Office button
Button berisi fungsi-fungsi utama dari file, antara lain : New, Open, save, Save as, Print, Prepare, send an publish.


                                                                              ii.            Quick access toolbar
Berisi shortcut untuk mengisi save, undo, dan repeat. Shortcut ini dapat ditambah dengan mengklik panah disebelah kanan.



PRAKTIKUM 3 MEMBUAT SLIDE BARU
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Jalankan Microsoft Powerpoint
  2. Anda dapat mengklik icon office button, untuk membuat lembar kerja baru, dengan menekan (CTRL+N) pada keyboard, kemudian akan tampil jendela dibawah ini :
  1. Pilihlah template yag anda perlukan untuk mempercantik slide anda
  2. Untuk menambah slide baru (klik) menu New Ribbon seperti tampilan dibawah ini :




5.  Tahkan slide layout sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Dalam hal ini ada 5 jenis :
·         Title slide : yang berisi layout khusus untuk menampilkan teks saja. Terdiri dari title slide yaitu untuk judul/awal presentasi. Title only hanya memuat judul saja.
·         Title dan content : yang berisi layout dengan kombinasi gambar, bagan, diagram, table file video.
·         Section header : yaitu lembar kerja yang hanya menampilkan teks yang berada diposisi bawah.
·         Two content : berisi layout dengan kombinasi gambar, bagan, diagram, teble file video yang terdiri dari 2 bagian lembar kerja.
·         Comparison : berisi layout dengan kombinasi gambar, bagan, diagram, table file video yang terdiri dari 2 bagian lembar kerja dilengkapi dengan keterangan teks.
·         Title only : yaitu lembar kerja kosong yang disediakan untuk berbagai macam kombinasi yang digunakan.
·         Content with caption : berisi layout dengan kombinasi gambar, bagan, diagram, table file video yang terdiri dari 3 bagian yaitu judul, teks dan lembar kerja dilengkapi dengan kombinasi gambar, bagan, diagram, table file video.
·         Picture with caption : berisi layout terdiri dari 3 bagian yang terdiri dari lembar kerja yang dilengkapi dengan gambar, judul dan teks.
  1. Pilihlah salah satu lembar kerja yang dibutuhkan
Ketika pertama kali anda jalankan program Microsoft powerpoint maka jumlah slide yang tampil adlah 1 buah. Untuk menambah jumlah slide ikuti langkah 4. Anda dapat menghapus slide dengan caramemilih urutan slide pada bagian kiri lembar kerja, kemudian tekan (delete) dengan mengguanakan keyboard.
  1. Klik lembar kerja, kemudian pilih object Click to Add Title, kemudian buatlah slide dengan hasil sebagai berikut 
 PRAKTIKUM 1 BEKERJA DENGAN TEKS
Agar presentasi yang kita buat benar-benar sempurna dan layak untuk ditampilakan, anda harus melakukan pengeditan dan pemformatan. Dalam pembuatan presentasi anda akan bekerja dengan teks, table, slide, dan elemen-elemen presentasi lain.
Teks merupakan elemen presentasi yang paling penting. Agar presentasi kita menarik dan membantu anda dalam menjelaskan sesuatu, maka teks yang singkat, padat, jelas, dan menarik sngat berperan penting.

PRAKTIKUM 2 MENAMBAHKAN TEKS
Dalam powerpoint, terdapat 4 tipe teks yang kita tambahkan dalam presentasi yang kita buat, antara lain :
        I.            teks placeholder
Placeholder adalah kotak yang dibatasi titik-titik yang menjadi sebagian besar layout slide. Kotak ini menjadi tempat judul dan teks atau objek seperti grafik, table dan gambar. Layout slide terdiri dari placeholder teks dan objek dalam suatu variasi kombinasi. Dalam placeholder teks, ketik judul, dan teks pada slide anda. Anda dapat mengatur ukuran dan menggerakan placeholder dan memformatnya dengan border dan warna.






      I   I.            teks autoshapes
utoshapes adalah satu grup bentuk-bentuk siap pakai yang termasuk bentuk dasar, seperti segiempat, lingkaran, ditambah dengan variasi-variasi garis dan hubungan, panah, symbol flowchart, bintang, spnduk, dan callout. Autoshapes seperti garis dan panah akan muncul pada slide dalam bentuk utuh namun anda dapat menggerakan, merotasi dan mengubah ukurannya. Jika anda ketik teks kedalam sebuah autoshapes, teks tersebut akan menjadi satu dengan autoshapes dan bergerak atau berotasi bersamanya.



 

    III.            text box
Text box adalah suatu tempat tuntuk teks yang dapat bergerak dan berubah ukuran. Anda dapat mengguanakan text box untuk menempatkan teks dimanapun pada slide, seperti diluar sebuah placeholder teks. Contoh, anda dapat menambahkan judul atau keterangan untuk sebuah gambar, atau table, atau grafik dengan membuat sebuah text box dan menenmpatkannya didekat objek tersebut. Selain itu, text box dapat digunakan untuk menambahkan suatu teks ke suatu autoshapes, tetapi anda tidak ingin teks tersebut menjadi suatu bagian dengan autoshapes. Suatu text box dapat emiliki border, pengisi, bayangan, atau efek tiga dimensi, dan anda dapat merubah bentuknya.


   IV.           wordart
Wordart adalah objek yang anda buat dengan efek siap pakai dan dapat diformat. anda dapat mengguanakan wordart untuk teks yang menarik. Wordart dapat diperbesar, diperkecil, dan dirotasi atau dijadikan tiga dimensi atau vertical.


PRAKTIKUM 3 MENGATUR  FORMAT TEKS
Sebelum anda melakukan format teks, terlebih dahulu anda buat teks dibawah ini :
Slide 1

        I.            format font
Anda dapat memformat font dengan memperguanakan tool group font yang terdapat pada tab ribbon home. Tool group font akan aktif jika anda mengaktifkan pemilihan pada toolgroup font. Anda harus menyeleksi terlebih dahulu teks yang akan diformat, atau meng-klik placeholder teks yang akan di format.

                                                                            
    i.             menyeleksi teks (mem-blok teks yang akan diformat  ii.             placeholder (meng-klik garis pada placeholder)

 Setelah anda melakukan salah satu langkah diatas, anda dapat melakukan format melalui toolgroup font yang terdapat di ribbon tab home.

MENGEDIT LEMBAR KERJA

PRAKTIKUM 1 FORMAT PARAGRAPH
Selain melakukan format font, anda juga dapat melakukan format paragraph dengan mempergunakan toolgroup paragraph yang terdapat pada ribbon tab home. Untuk mengaktifkan hasil format yang anda lakukan, terlebih dahulu anda harus melakukan salah satu langkah dibawah ini :
Ø  meng-klik placeholder yang berisi paragraph yang hendak diformat, langkah ini dilakukan jika hasil for,at berlaku untuk keseluruhan paragraph yang ada pada placeholder.
Ø  Menyimpan kursor pada salah satu paragraph, proses format yang anda lakukan hanya akan aktif pada paragraph dimana kursor berada.
Ø  Menyeleksi paragraph yang hendak diformat, ini dapat dilakukan untuk memilih paragraph tertentu yang akan diformat.



Perataan (Alignment)





























Pada Slide Theme Maupun Layout Terdapat Pilihan Yang Mengandung Bullet/Numbering  Yang Sudah Bisa Anda Ganti Dengan Mengklik Tombol Pada Pilihan Yang Lain, Lalu Memilih Bentuk Bullet/Numbering Yang Nada Kehendaki.
    III.            Line Spacing


Gambar 8.2 Tampilan Line Spacing
Tombol Ini Dipergunakan Untuk Mengatur Spasi Pada Paragraph Yang Nada Buat, Selain Pilihan Diatas Anda Juga Dapat Mengatur  Spasi Sesuai Dengan Keperluan Anda Sengan Mengklik Line Spacing Options.

   IV.            Column


PRAKTIKUM 2 MENYISIPKAN GAMBAR/CLIPART
        I.            menyisipkan gambar
Untuk menyisipkan gambar pada slide yang anda buat, anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol Picture pada toolgroup illustration

Setelah anda mengklik tombol picture, maka akan muncul dialog box insert picture, selanjutnya anda tinggal memilih file gambar yang anda kehendaki.

      II.            menyisipkan clipart
selain menyisipkan gambar, anda juga dapat menyisipkan clip art pada slide presentasi yang anda buat, clip art disediakan oleh Microsoft office maupun koleksi anda dan juga hasil penelusuran web site.
Setelah mengklik tombol clip-art, maka akan muncul task pane clip art, untuk mempermudah pemilihan maka sebaiknya anda hanya mengaktifkan penelusuran untuk My Collection dan Office Collection saja.
Pilihlah clipart yang anda kehendaki, anda bisa mengklik langsung clipart yang anda pilih, atau emngklik panah kecil yang muncul disebelah kanan saat anda menyorot kursor pada clipart yang anda kehendaki.

PRAKTIKUM 1 MEMILIH BACKGROUND
Microsoft powerpoint menyediakan lembar kerja yang bervariatif, mulai dari background satu warna sampai dengan perpaduan warna yang banyak.
Langkah-langkah untuk memberikan tampilan background :
  1. jalankan Microsoft powerpoint
  2. buka kembali file latihan 1
  3. pilih (klik) slide 1 pada urutan slide
  4. pilih ribbon design selanjutnya klik pada tab ribbon background, maka akan tampil gambar seperti dibawah ini :
Kotak dialog background digunakan untuk memberi  warna latar belakang dari slide. Selain menggunakan kotak dialog background juga bisa menggunakan template dengan cara memilih (klik) pada tab ribbon tab themes.

PRAKTIKUM 2 MEMBERIKAN ANIMASI OBJEK
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Jalankan program microsoft powerpoint
  2. Buka kembali file latihan2
  3. Pilih (klik) slide 1
  4. Aktifkan objek “perguruan tinggi “
  5. Pilih custom animation pada ribbon animation
  1. pilih Add Effect pada task pane custom animation dan pilih salah satu animasi yang diinginkan.
  2. Pilih objek “perguruan tinggi”
  3. Berikan juga animasi untuk objek yang lainnya.

PRAKTIKUM 3 MEMBERIKAN ANIMASI SLIDE
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Pilih tab ribbon transition to this slide custom animation pada ribbon animation
  2. Pilih salah satu animasi slide pada task pane  slide transition.
  3. Jalankan slide dengan menekan [F5], dan lihat perubahan yang terjadi pada slide.









PRAKTIKUM 1 MEMBERIKAN LINK PADA SLIDE (HYPERLINK)
        I.            mengatur link antar slide (hyperlink)
Dalam Microsoft Powerpoint disediakan fasilitas untuk menghubungkan antara slide satu dengan slide lainnya atau antara software satu dengan software lainnya dengan cara :
  1. Jalankan Microsoft Powerpoint
  2. Pilih (click) slide 1 pada urutan slide
  3. Pilih objek STMIK
  4. Klik hyperlink pada tab ribbon links, perhatikan gambar berikut :
  1. Pilih place in this document pada kotak dialog insert hyperlink, kemudian pilih slide titles-STMIK pada kotak select a place a place in this document.
  2. Lakukan langkah 3, 4, 5 untuk objek yang lain.
  3. Jalankan slide [F5] arahkan mouse pada objek yang diberi hyperlink. Perhatikan perubahan yang terjadi.
  4. Simpan pekerjaan anda dengan nama file : Latihan Microsoft Powerpoint









Tidak ada komentar:

Posting Komentar